Pages

Friday 22 March 2013

BEBERAPA STRATEGI INVESTASI SAHAM

STRATEGI INVESTASI SAHAM - Kita bisa lebih disiplin dalam investasi maupun trading karena kita tahu apa yang sedang kita lakukan dan kita tau apa tujuan dan resiko dari investasi atau trading kita. Setelah kita mengetahui profile resiko kita, selanjutnya kita tentukan strategi yang paling sesuai dengan profile resiko kita, maka .

BEBERAPA STRATEGI INVESTASI SAHAM

Jika tujuan anda adalah investasi saham maka ada tiga strategi dalam investasi saham yang paling populer. Antara lain adalah :

1. Income investing,
2. Growth investing, dan
3. Value investing.

Strategi Investasi Saham Income Investing

Strategi Income Investing adalah strategi yang bertujuan untuk memperoleh  pendapatan rutin dari saham dan meminimalkan resiko dari saham. Dan tentunya, untuk melakukan investasi dengan strategi income investing, kita perlu melakukan investasi pada perusahaan yang mapan.

Strategi Investasi Saham Growth Investing

Strategi Growth investing dijalankan dengan cara mencari saham-saham yang dipercaya memiliki potensi keuntungan dan pertumbuhan pendapatan yang tinggi dimasa depan.

Strategi Investasi Saham Value Investing

Value Investing adalah strategi investasi yang fokus pada pencarian saham-saham yang murah secara valuasi, bukan secara nominal. Artinya, bisa saja saham yang seharga Rp.60.000 lebih murah dari saham yang seharga Rp.16.000 karena valuasinya lebih kecil.

Caranya Anda membeli saham perusahaan yang Anda anggap memiliki prospek. Warren Buffet cenderung mencari perusahaan yang bisa memberikan keuntungan di saat pasar saham bullish atau bearish. Setelah membeli saham, dan yakin pada prospek perusahaan tersebut, Warren Buffet tidak tergesa menjual saham tersebut. Warren Buffet fokus untuk membeli saham perusahaan yang punya potensi untuk berkembang, tetapi masih berharga murah untuk dibeli. Warren Buffett memegang saham (melakukan investasi) dalam jangka panjang dan tidak melakukan transaksi jual beli saham dalam jangka pendek.

Karena prinsip itu pula Buffet tidak pernah mau membeli saham Microsoft atau perusahaan dotcom. Saat terjadi euforia perusahaan dotcom, Buffet tidak bergeming, sehingga ia pernah ditertawakan investor lain karena ia tidak mau membeli saham dotcom seperti yang lainnya. Warren Buffet biasanya hanya membeli saham perusahaan yang memiliki keunggulan tertentu (competitive advantage). Buffet akan mencari saham yang undervalued dan berusaha membeli di harga yang cukup terdiskon.

Demikian beberapa strategi investasi saham yang dapat anda gunakan. Tergantung strategi mana yang anda pilih, semua tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan di bursa saham.




0 comments:

Post a Comment