Pages

Thursday 21 March 2013

CARA GAMPANG MENJADI INVESTOR MELALUI INCOME INVESTING


CARA GAMPANG MENJADI INVESTOR MELALUI INCOME INVESTING - Ada berbagai cara yang bisa ditempuh investor dalam investasi saham. Tulisan kali ini mengemukakan tulisan dari ilmuinvestasi.com tentang cara gampang menjadi investor melalui income investing. Bagaimana caranya berinvestasi saham dengan lebih “aman” dengan tujuan untuk memperoleh deviden ? Mari sama-sama kita simak tulisan berikut ini.

PENGERTIAN INCOME INVESTING

Income investing adalah salah satu metode / cara investasi saham yang bertujuan untuk memperoleh deviden. Saham yang rajin membagi dividen ke pemegang saham umumnya lebih stabil dan tidak terlalu fluktuatif.

Income Investing sangat sesuai bagi investor yang bisa bersabar tapi tidak berani untuk menghadapi resiko fluktuasi saham. Emiten yang rajin membagikan dividen umumnya adalah perusahaan yang konservatif dan sudah mapan. Nah, perusahaan apa saja yang bisa dijadikan kandidat income investing? Nah bagi kita yang suka dengan kepastian dan low risk dalam investasi saham, maka saham-saham BUMN bisa dilirik untuk income investing. Pilih saham dengan rata-rata deviden yield terbesar.

EARNING PER SHARE (EPS)

Earning Per Share (EPS) adalah pendapatan laba dari hasil keuntungan per lembar saham. EPS disebut juga dengan Dividen. Adapun deviden yield = deviden per lembar saham : harga saham saat ini. Sebaiknya, pilihlah saham dengan deviden yield lebih besar dari 3% dan sebaiknya deviden yang dibayarkan juga bertumbuh setiap tahun. Pilih juga emiten yang punya pertumbuhan pendapatan yang cukup. deviden.

Untuk melihat pertumbuhan pendapatan, cek pertumbuhan EPS.Cari saham yang rata-rata pertumbuhan EPS lebih dari 10%. Pilih saham yang memiliki volatilitas yang rendah untuk income investing. Saham yang dipilih untuk Income Investing sebaiknya stabil, perlahan namun pasti. Kadang saham income investing bisa cenderung lelet.

Lalu kapan sebaiknya kita beli saham untuk Income Investing? Belilah jauh-jauh hari sebelum jadwal pembagian deviden. biasanya mendekati pembagian deviden, harga sudah merangkak naik cukup tinggi. Kita juga bisa membeli saham untuk income investing dengan membeli bertahap / rutin tiap bulan.

Lalu kapan kita bisa jual saham untuk income investing? Jual saham bila pertumbuhan pendapatan semakin kecil atau ada potensi kinerja memburuk dalam jangka panjang

Nah, demikianlah sahabat Andamedia sekelumit tentang Income Investing. Semoga informasinya bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment