Pages

Sunday 24 March 2013

MENGAJARKAN PENGERTIAN UANG PADA ANAK

pengertian=uang+anak
PENGERTIAN UANG PADA ANAK - Anak-anak sering merengek minta dibelikan sesuatu oleh orang tuanya jika sudah berada di pusat-pusat perbelanjaan. Keinginan anak-anak sering tak terkendali untuk memiliki mainan baru. Mereka tidak mengerti orang tua sedang dalam kesulitan keuangan atau memiliki uang yang terbatas. Orang tua perlu menyampaikan pengertian uang pada anak-anak. Oleh karena itu orang tua harus mengambil peranan besar dalam mengarahkan putra-putrinya dalam membelanjakan uang sehingga terbebas dari pola hidup yang konsumtif.

Apakah Anda menghindari perbincangan tentang uang dengan anak Anda karena begitulah cara Anda dibesarkan? Apakah Anda terkadang terkaget-kaget saat membaca tagihan-tagihan yang seharusnya Anda bisa antisipasi? Atau hal lain yang bisa membuat anak Anda membenci pekerjaan dan uang. Nah, sekarang, mari kita fokus pada beberapa langkah positif yang bisa Anda ambil dan bisa mendorong terciptanya kebiasaan keuangan yang bertanggung jawab di diri anak Anda. Hal ini bisa terjadi jika orang tua mau menyampaikan pengertian uang pada anak-anak mereka.

Anak merupakan individu yang unik. Kunci anak pandai mengatur uang adalah membuat uang menjadi hal penting dalam hidup mereka. Berikan contoh nyata dalam hidup dan jadilah contoh bagi mereka dalam menyikapi masalah keuangan.


TIPS MEMBERI PENGERTIAN UANG PADA ANAK

Berikut beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk memberi pengertian uang pada anak. 

1. Gunakan uang saku untuk mengajarkan anak Anda bagaimana mengelola uang dengan bijak, bukan sebagai imbalan atas perilaku baik yang mereka lakukan. Ajarkan pada mereka cara mengatur uang saku, namun jangan paksa mereka. Berikan motivasi untuk menabung. 

2. Catatlah pengeluaran anak Anda baik yang wajib (seperti biaya kursus dan perlengkapan sekolah) dan yang tidak wajib (seperti mainan, jajan, dll). Berikan contoh yang baik. 

3. Jika uang Anda menipis dan Anda terpaksa menolak rengekan anak untuk membeli barang-barang yang tidak penting, lakukan hal yang sama. Korbankan satu keinginan yang anak Anda tahu sangat berarti bagi Anda.

4. Beritahukan pada anak bahwa dengan menabung di bank, mereka akan bisa mendapatkan keuntungan lebih dari sekedar menabung. Pastikan anak-anak mengetahui hubungan antara bekerja, gaji dan pajak.

5. Biarkan anak-anak mengetahui berapa jam yang orangtuanya habiskan untuk bekerja sama dengan jumlah uang yang bisa dibelanjakan. 

6. Berikan pemahaman pada anak mengenai kartu kredit dan bagaimana cara menggunakannya. 

7. Ajarkan anak mengenai investasi. 

8. Orangtua dapat menjadi contoh yang paling nyata bagi mereka. 


Demikian tips bagaimana mengajari pengertian uang pada anak-anak sedini mungkin. Dengan demikian mereka bisa lebih menghargai uang dan waktu. Jika mereka tahu bagaimana orang tua sulitnya memperoleh uang tentu akan berdampak kepada bagaimana mereka membelanjakannya. Orang tua harus menjadi contoh bagi anak-anak tentang bagaimana membelanjakan uang.

0 comments:

Post a Comment