Pages

Thursday 21 March 2013

MEMAHAMI CARA INVESTASI SAHAM

investasi+dan+bisnis+saham

CARA INVESTASI SAHAM - Anda sudah buka rekening di sekuritas saham dan sudah tidak sabar untuk membeli saham namun belum tau cara investasi saham? Sebelum membeli saham, apa saja yang harus anda pertimbangkan?  Sebelum membeli saham, pertanyaan yang pertama harus anda jawab adalah: saham apa dan mengapa. Alasan anda membeli suatu saham harus sespesifik mungkin. Semua orang membeli saham karena mengharapkan untung. Yang harus anda jawab adalah mengapa saham tersebut berpotensi naik dan memberi anda keuntungan. Diperlukan pengalaman bertahun-tahun cara investasi saham sebelum anda bisa menemukan alasan tepat “Mengapa” anda membeli saham. 

Bisa juga anda mengikuti saran dari buku yang anda baca. Intinya: anda harus bisa menjawab “Mengapa” anda membeli suatu saham, tidak masalah apakah jawaban itu hasil pemikiran anda sendiri ataupun hasil pemikiran orang lain. Langkah yang paling umum adalah anda memutuskan “Apa”  yang mau dibeli, lalu anda mencari jawaban “Mengapa.”  Tapi bisa juga anda sudah menentukan alasan “Mengapa,” lalu baru anda tentukan “Apa” yang harus dibeli. Hal ini perlu anda kuasa dalam cara investasi saham.

Artinya, anda sudah tahu “Apa” yang mau anda beli; sekarang anda perlu menjawab “Mengapa.” Bisa juga anda melakukan kebalikannya. Anda sudah tahu “Mengapa”nya, jadi anda tinggal memilih-milih “Apa” saham yang harus dibeli. 

Kalau anda tidak tahu harus mulai dari mana, saran saya adalah sebagai berikut: Pilihlah 5 sampai 10 saham yang menarik perhatian anda. Saham-saham pilihan ini adalah "Apa" yang akan anda beli.

BEBERAPA TIPS CARA INVESTASI SAHAM

Hindari saham-saham “gorengan” alias saham-saham kecil yang fluktuasi harganya sangat besar. Mulailah dengan saham-saham berkapitalisasi besar—yang masuk kategori “blue chip.” Mengapa ? 

Setelah menetapkan "Apa", pantaulah saham-saham tersebut. Lalu tentukan analisa saham bagaimana yang lebih tepat untuk anda, apakah analisa fundamental atau analisa teknikal atau analisa cara lain. Ketika anda membeli saham, catat alasan "Mengapa." Saat itulah anda sudah “naik kelas” dari pemain saham pemula menjadi pemain saham berpengalaman.

Bahkan, saham bisa menjadi sarana Anda untuk membangun kekayaan.

Tidak sedikit contoh orang yang sukses dengan berinvestasi saham. Warren Buffet, pakar saham membeli saham Cities Service di harga US$38 per saham tapi karena turun dia jual di harga US$27. Sebab, harga saham Cities Service melambung ke US$ 200 per saham. Bagi anda yang benar-benar buta akan investasi saham, tentu harus memulainya dengan memahami konsep saham itu sendiri. Nah, untuk membantu anda, banyaklah belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang investasi saham yang perlu anda ketahui apabila ingin berinvestasi di saham, mulai dari pemahaman dasar investasi, cara menganalisis suatu saham, serta cara dan strategi berinvestasi saham.

Tak cuma yang berkantong tebal, tapi juga mahasiswa yang bermodal minim. Posisi ini menentukan metode pemilihan saham yang mesti anda lakukan. Adapun, cara mengetahui posisi yang pas buat anda adalah dengan jujur terhadap tingkat risiko yang bisa anda toleransi. Jika anda bisa mentoleransi risiko itu, saham bisa menjadi pilihan investasi anda.

Mungkin, anda akan bertanya, apakah ini saat tepat untuk mulai berinvestasi di saham ? Lebih jauh mengenai prospek berinvestasi saham di Indonesia, Anda bisa menyimak pendapat para pakar di artikel-artikel cara investasi saham.



1 comments:

  1. hi, mau memperkenalkan blog saya tentang saham. silahkan kunjungi http://www.saham-online.com

    ReplyDelete